Launching Program Sekolah Literasi Indonesia di Asahan

oleh -64 views
Launching Program Sekolah Literasi Indonesia di Asahan

Oleh Luthfia Azmi O. Nasution

TRAVESIA.CO.ID – Launching Program Sekolah Literasi Indonesia (16/12) digelar oleh Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (KAWAN SLI) di Desa Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan.

Launching program dihadiri 40 peserta, yang terdiri dari steakholder setempat, para kepala sekolah dan guru-guru. Rangkaian kegiatannya terdiri dari sambutan, pemaparan program oleh KAWAN SLI, dilanjutkan dengan seremonial pemotongan pita dan ditutup dengan penandatanganan MoU.

Pemotongan pita dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Asahan, sebagai pertanda peresmian dimulainya program Sekolah Literasi Indonesia di kabupaten Asahan.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab. Asahan, Kepala Bidang Sekolah Dasar, Misiyanto, dalam sambutannya menyampaikan motivasi yang membakar semangat para peserta yang terdiri dari Kepala sekolah dan guru-guru, “KAWAN SLI ini ditugaskan dari Bogor, mereka jauh-jauh merantau, rela meninggalkan keluarga selama setahun, untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Asahan, beruntungnya kita, di Kecamatan Air Joman dan Silau Laut, dipilih sebagai sasaran penerima program. Mereka datang untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Maka kita harus lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitas sekolah sendiri,  jangan sampai kalah semangatnya dari mereka.” Tegasnya.

Launching program Sekolah Literasi Indonesia dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan dan membuka secara resmi, bahwa program pendampingan untuk meningkatkan kualitas sekolah, terkhusus pada sekolah/madrasah terpilih, yang telah melalui tahapan seleksi administrasi dan school visit, dari dua kecamatan Air Joman dan Silau Laut, dimulai hingga 6 bulan ke depan.

Sekolah Literasi Indonesia (SLI) adalah program dari Dompet Dhuafa Pendidikan yang bertujuan untuk mewujudkan model sekolah berkualitas yang berkonsentrasi pada peningkatan kepemimpinan sekolah, sistem pembelajaran, dan budaya sekolah dengan kekhasan literasi.

Menanggapi misi untuk membudayakan literasi, Sekertaris Camat Air Joman, Masli Nainggolan, menyampaikan harapannya agar para peserta, kepala sekolah dan guru-guru, mendapatkan sebanyak-banyak manfaat dari kehadiran KAWAN SLI di Kecamatan Air Joman. “Kehadiran KAWAN SLI, yang membawa misi literasi, diharapankan dapat menularkan keahliannya tersebut kepada sekolah yang didampingi, serta dapat memberikan masukan sehingga sekolah yang ada di sini bisa berkembang dan bersaing hingga ke tingkat nasional.”

Launching program hanyalah sebuah permulaan dari rangkaian yang masih panjang, dalam mendukung hal tersebut, pada pelaksanaanya KAWAN SLI akan tetap terus melakukan sinergi dengan pihak-pihak terkait.

Mendukung hal tersebut, mewakili Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Asahan, Hasan Manurung, menyampaikan sambutannya, mengapresiasi upaya Dompet Dhuafa Pendidikan yang mengutus KAWAN SLI dalam mendukung perbaikan kualitas pendidikan, khususnya madrasah ibtidaiyah di Air Joman dan Silau Laut. “Meskipun baru pertama kali kita saling bertemu dalam forum seperti ini, mewakili Kemenag Kabupaten Asahan, kami mendukung program pendampingan dari Sekolah Literasi Indonesia ini, sehingga dapat dirasakan manfaatnya. Terkhusus pada madrasah yang didampingi, semoga dapat menjadi madrasah hebat dan madrasah yang bermartabat.” Tutupnya.

______

Luthfia Azmi O. Nasution, Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia, Penempatan Kab. Asahan

Launching Program Sekolah Literasi Indonesia di Asahan

Launching Program Sekolah Literasi Indonesia di Asahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.