8 Wisata Bahari Terindah di Pulau Nias

oleh -77 views
8 Wisata Bahari Terindah di Pulau Nias

TRAVESIA.CO.ID– Nias adalah sebuah pulau seluas 4.624 km persegi yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera, Indonesia. Pulau yang dihuni oleh mayoritas Suku Nias (Ono Niha) masih memiliki Budaya Megalitik. Di pulau ini Anda dapat menikmati 10 Pesona Wisata Terindah terutama melakukan kegiatan berselancar yang merupakan salah satu dari 10 tempat surfing terbaik di dunia.

Di Pulau Nias Anda dapat menyaksikan rumah adat peninggalan Megalitik di Desa Orahili, Menyaksikan Tradisi Lompat Batu serta Tari Perang yang hanya dapat Anda nikmati di Pulau Nias.

1. Pantai Sorake

Sorake adalah sebuah pantai wisata terindah di Pulau Nias. Pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara ini terkenal dengan ombaknya yang besar yang sangat cocok untuk kegiatan berselancar (surfing). Banyak peselancar mancanegara datang ke pantai ini untuk mengikuti lomba selancar atau Nias Open setiap tahunnya.

2. Pantai Lagundri

Sama halnya dengan Pantai Sorake, Pantai Lagundri selain memiliki pemandangan pantai yang sangat luar biasa dengan pasir putihnya yang sangat bersih serta pemandangan sunset yang sangat menakjubkan, Ombak dipantai ini juga lumayan besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan juga tempat bertemunya teluk sehingga ombak yang datang akan semakin besar.

Pantai yang juga masuk 10 Tempat Surfing Terbaik Di Dunia ini memiliki gelombang hingga 7 – 10 meter dengan lima tingkatan. Banyak Peselancar kelas dunia datang ke tempat ini untuk berselancar dan mengikuti kejuaraan selancar Nias Open setiap tahunnya.

Buat Anda yang ingin menikmati panorama indah sekaligus melakukan kegiatan berselancar sebaiknya datang sekitar bulan Juni atau Juli. Karena pada bulan ini cuaca dan ombak pantai sedang bagus-bagusnya.

3. Pantai Laowomaru

Meskipun Pantai Laowomaru berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Namun pantai ini tidak memiliki ombak yang tinggi seperti halnya yang terdapat di Pantai Sorake dan Pantai Lagundri. Pantai Laowomaru memiliki ombak pantai yang tenang. Sehingga Anda dengan aman apat melakukan kegiatan pantai seperti surfing maupun berenang.

Tidak hanya itu, Keeksotisan Pantai Laowomaru masih sangat alami. Dengan dikelilingi pohon-pohon hijau yang rindang membuat sekitar pantai ini sejuk dan nyaman.

4. Pantai Gawu Soyo

Pantai dengan warna pasir pink ini terletak di Desa Ombolata, Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara. Kepopuleran Pantai Merah Afulu ini tidak terletak pada ombaknya memiliki tinggi belasan meter seperti yang terdapat pada Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Nias Selatan, sebab di Pantai Merah Afulu ini sama sekali tidak terdapat ombak tinggi untuk melakukan kegiatan selancar. Namun, keberadaan spesies penyu yang merupakan penyu langka di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Merah Afulu ini tidak untuk melakukan kegiatan selancar, melainkan sekedar menikmati suasana pantai sembari berpetualang menyusuri kawasan pantai untuk melihat penyu langka yang kadang-kadang keluar dari habitatnya dan melintasi pantai.Bila berkunjung ke Pulau Nias, sungguh sayang bila tidak meluangkan waktu untuk berkunjung ke pantai berpasir merah darah ini.

Bahkan di Pantai Gawu Soyo ini Anda dapat menikmati perjalanan menarik yang ditawarkan untuk mengunjungi Objek-objek wisata terkenal di Pulau Nias ini. Anda dapat menikmati wisata budaya (rumah adat tradisional di Desa Tumori dan Bawomataluo, bahkan menginap semalam di rumah adat ini; atraksi lompat batu dan tarian tradisional Nias)

5. Pantai Foa

Pantai Foa merupakan salah satu pantai paling menakjubkan di Pulau Nias. Pantai dengan pasir putihnya yang sangat lembut serta panorama alamnya yang begitu indah dan sangat menawan untuk menyegarkan pikiran dan dan mata Anda sejenak.

Berkunjung ke pantai ini Anda bisa mengajak keluarga karena pantai yang masih asri dan sangat menyejukkan ini, Anda dan keluarga akan merasa nyaman, tenang dan terasa bagai di surga dunia.

6. Muara Indah

Muara Indah adalah salah satu objek wisata yang berada di Pulau Nias. Letaknya yang berada di muara sungai menciptakan suasana ekostisme yang sangat menggoda. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada malam hari. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai jenis makanan hasil tangkapan dari laut seperti ikan gerapu, cumi-cumi, udang, kepiting bakau dan berbagai jenis makanan laut lainnya sambil menikmati keindahan panorama alam di Muara Indah dengan berbagai fasilitas wisata bahari yang ada. Selain itu Muara Indah Nias sering mengadakan pagelaran seni dan budaya serta acara seremonial lainnya.

7. Kepulauan Hinako Nias

This what we call “Paradise” Pulau Hinako yang terdiri dari 8 buah pulau yang saling berdekatan dengan ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga menjadikan magnet yang sangat memukau bagi para wisatawan.

Di pulau ini Anda dapat melakukan kegiatan snoorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut pulau ini. Berbagai jenis terumbu karang, koral, ikan hias warna warni, menjadi suguhan yang menawan di bawah laut Kepulauan Hinako Nias. Selain itu Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing dengan ikan berukuran besar yang sangat menantang.

copyright @wisata-hebat.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.