Hari Ini, Buku ‘Pengantin Puisi’ Karya Yoevita Soekotjo ‘Dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan

oleh -187 views
Hari Ini, Buku ‘Pengantin Puisi’ Karya Yoevita Soekotjo ‘Dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan 1
Yoevita Soekotjo baca puisi di Taman Jam Gadang Bukittinggi, Senin, 30 Desember 2019, bersama sejumlah penyair Indonesia lainnya. (Foto: IST.)

TRAVESIA.CO.ID – Buku Pengantin Puisi (Kumpulan Puisi) karya Yoevita Soekotjo (Jakarta), Selasa (31/12), pukul 14.00 WIB, ‘dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan, Silaiang Bawah, Padangpanjang.

Isi buku itu akan dikupas para pemantik diskusi, di antaranya: Dr. Hermawan, M.Hum. (Dosen Sastra STKIP Rokan Hulu, Riau), Denni Meilizon (Penyair, Pengasuh Ruang Budaya HALUAN Minggu, Pegiat Literasi Pasaman Barat), Siti Salmah (Deklamator, Pegiat ‘Salmah Creative Writing’, Pekanbaru), dan Feni Efendi (Penyair, Pengasuh Ruang Sastra TRAVESIA.co.id., Payakumbuh).

Diskusi dimoderatori Muhammad Subhan (Penulis, Pegiat Literasi, Padangpanjang).

“Ini pertama kali buku saya didiskusikan di Sumatra Barat, dan saya tertarik membawanya ke Ruang Baca Rimba Bulan,” ujar Yoevita Soekotjo di sela-sela Baca Puisi di Taman Jam Gadang Bukittinggi, Senin (30/12).

Menurut Pegiat Ruang Baca Rimba Bulan, Alvin Nur Akbar, Bincang Buku itu diformat sambil ngopi dan terbuka untuk umum, tidak dipungut biaya.

Hari Ini, Buku ‘Pengantin Puisi’ Karya Yoevita Soekotjo ‘Dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan 2
Ngopi dan Bincang Buku ‘Pengantin Puisi’ karya Yoevita Soekotjo, Selasa, 31 Desember 2019, di Ruang Baca Rimba Bulan. (Foto: IST.)

“Bahkan, 20 peserta yang lebih awal datang ke Ruang Baca Rimba Bulan akan mendapat buku gratis, langsung dari penulis,” kata Alvin Nur Akbar, penerima PIN Emas dari Pemerintah Kota Padangpanjang 2019 dan Penghargaan Pemuda Inspiratif dari KNPI Sumatra Barat 2019.

Yoevita Soekotjo adalah nama pena dari Yovita Maria Ekowati Handayani. Ia lahir di Blitar, Jawa Timur, 10 Februari 1967.

Ia akif berteater dan berpuisi sejak SMA dan beberapa kali memenangkan berbagai lomba baca puisi dan teater di Jakarta. Bersama teman-teman SMA-nya di masa itu, ia mendirikan grup teater Alun.

Aktivitas berteater dan berpuisinya berlanjut ketika ia tinggal di Medan pada 2007-2014 dan bergabung di Grup Teater DeLick di Taman Budaya Sumatra Utara.Hari Ini, Buku ‘Pengantin Puisi’ Karya Yoevita Soekotjo ‘Dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan 3

Pada 2014 ia kembali pindah ke Jakarta dan mulai aktif berteater dan berpuisi di Taman Ismail Marzuki (TIM). Pada 2015 ia bergabung bersama Komunitas Dapur Sastra Jakarta sampai sekarang. Pada 2016 ia menjadi instruktur tamu untuk kelas teater dan puisi di Poliklinik Negeri Jakarta.

Karya-karya yang lain tergabung di buku bersama, di antaranya: Antologi Haiku Indonesia (2015), Kitab Karmina Indonesia (2015), Palagan Sastra, Kumpulan Puisi Penyair Dapur Sastra Jakarta (2016), Sebutir Garam di Secangkir Air (2019), dan Aku MenujuMu (2019).

Yoevita memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dalam Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dari Institut Manajemen Koperasi Indonesia, Bandung, pada tahun 1991. Saat ini ia tinggal di Jakarta dan terus aktif menulis. (han/travesia)

One thought on “Hari Ini, Buku ‘Pengantin Puisi’ Karya Yoevita Soekotjo ‘Dibedah’ di Ruang Baca Rimba Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.