Liburan Seru Ke Singapore Ala Backpacker

oleh -254 views
Liburan Seru Ke Singapore Ala Backpacker

TRAVESIA.CO.ID – Selalu ada alasan untuk pergi dan mengisi  libur akhir tahun ke berbagai tempat tujuan baik ke dalam negeri maupun ke luar negeri.  Tradisi libur akhir tahun memang selalu identik dengan jalan-jalan atau berwisata. Ada beragam suguhan dan pilihan yang ditawarkan oleh setiap negara untuk memanjakan para pengunjung. Maka tidak heran setiap negara memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Mengisi libur akhir tahun 2019 lalu, saya sengaja bertandang ke Singapura, sebuah negara maju yang berada di antara Pulau Batam dan Malaysia. Mengingat jarak dari Batam ke Singapura tidak begitu jauh, saya pun akhirnya memilih menggunakan kapal Ferry menuju pelabuhan Harbourfront Singapura.

Untuk pelabuhan yang melayani penyeberangan dari Batam menuju Singapura ada beberapa pilihan, seperti Pelabuhan Tanjung Balai, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Tanjung Pinang, dan Pelabuhan Batam Center. Namun dari beberapa pilihan pelabuhan tersebut, Pelabuhan Batam Centerlah yang paling dekat jaraknya dengan Singapura. Selain itu, pelabuhan ini juga lebih mudah dijangkau dari Bandara Hang Nadim. Sehingga tidak sedikit orang yang memilih pelabuhan Batam Center sebagai tempat penyeberangan menuju Singapura.

Waktu tempuh kapal Ferry dari Batam Center ke Singapore sendiri memakan waktu sekitar 1 jam. Jadi perlu diketahui bahwa waktu Singapore lebih cepat 1 jam dari Kota Batam. Sehingga apabila Anda berangkat pukul 08.00 pagi, maka akan tiba di Singapore pada pukul 10.00 siang. Dan sebaliknya, jika Anda berangkat dari Singapore pukul 10.00, maka akan sampai di Batam pada pukul 10.00 pula.

Bagi seorang bacpacker seperti saya, hal yang paling menyenangkan ketika jalan-jalan ke Singapore  adalah berjalan kaki, dengan begitu saya bisa dengan leluasa melihat Singapura lebih dekat. Selain itu saya juga menggunakan moda transportasi seperti MRT untuk keliling Singapura. Perlu diketahui bahwa Singapura merupakan negara yang ramah dengan pejalan kaki. Maka tak heran mampir di beberapa tempat memiliki taman. Kalau bisa dibilang  setiap distrik yang ada di Singapore memiliki sebuah taman kota. Salah satu taman terbesar di Singapore adalah Botanic Garden. Dan taman-taman di sini bisa dinikmati secara gratis.

Selain menghadirkan taman-taman gratis, Singapura juga memiliki beragam tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi, seperti  Marina Bay, Orchad Road, Sentosa, Jewel Changi Airport dan beberapa wahana lainnya yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati.

Setelah  puas seharian menikmati tempat-tempat wisata di Singapura, hari berikutnya saya menyempatkan diri untuk berbelanja membeli oleh-oleh di Bugis Street. Pilihan berbelanja di tempat ini memang sudah menjadi tempat favorit bagi siapa saja yang hobi berbelanja. Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang tertarik untuk datang ke sini, mengingat barang-barang yang dijual sangat terjangkau dan cukup berkualitas.

Selama dua hari di Singapura saya sengaja menginap di ABC Hostel Premium yang lokasinya tak jauh dari Owen Road. Harga yang ditawarkan untuk sekali menginap di Hostel ini terbilang cukup murah yakni berkisar antara 10 – 20 SGD Singapura.

Nah, untuk mencari kuliner yang enak dengan harga terjangkau di Singapura Anda bisa datang ke Crave, menu yang ditawarkan ialah nasi lemak. Saya sengaja memilih nasi lemak chicken cutlet yang dibanderol dengan harga 5.9 SGD. Tempat ini bisa Anda kunjungi di terminal 2 Changi Airport.

Dari perjalanan selama 2 hari di Singapura saya sangat bahagia dan begitu menikmati tempat-tempat wisata yang ditawarkan. Bagi saya Singapura adalah negara yang layak untuk dikunjungi dan memberi inspirasi kepada siapa saja tentang kehebatannya dalam membangun peradaban dan sumber daya manusia.

 

Elman Syahreza, nama pena dari Sulaiman. Penulis asal Tembilahan , Riau. Menulis dan Travelling adalah bagian dari hobinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.