Melbourne Memang Dahsyat (Bagian 31)

oleh -15 views
Melbourne Memang Dahsyat (Bagian 31)

Akomodasi Buat Mahasiswa Asing

Saat kami diajak oleh ibu Beki mengelilingi ruangan kampus Deakin, aku menjumpai satu ruangan- kantor- yang mengurus masalah pemondokan atau akomodasi bagi mahasiswa asing. Aku juga jadi berfikir tentang seperti apa tempat tinggal/akomodasi di australia? Berikut ada beberapa catatan untuk menjawab hal ini:

1). Umumnya orang2 pada tinggal di flat/apartment, karena penduduk Melbourne sudah padat, meskipun tidak padat seperti Jakarta, Dhaka, Kolkata, atau Delhi.

2). Jarang sekali orang yang tinggal di rumah, yang tinggal di rumah biasanya para orang tua yang sudah lama tinggal di Melbourne.

3). Sistem lantai berbeda dengan indonesia jadi perlu adaptasi, di Australia jika ada rumah dengan 2 lantai, maka lantai bawah yang sejajar tanah disebut ground floor, dan lantai di atasnya disebut first floor atau level1.Di Indonesia yang bawah disebut lantai 1, yang atas disebut lantai 2.

4). Akomodasi adalah hal yang krusial bagi student, kalau akomodasinya tidak mendukung bagaimana bisa belajar?

5). Pihak kampus juga menyediakan layanan akomodasi bagi student-nya.

6). Secara umum akomodasi untuk single lebih banyak tersedia jika dibandingkan akomodasi untuk family.

7). biaya sewa di oz adalah per week, dan pembayarannya adalah setiap 2 minggu (disebut juga fortnightly).

8). untuk single, biayanya sekitar 180-250AUD perweek.

Ada juga pemondokan yang murah di Australia, namanya ―lodge‖. Aku tahu dengan istilah ini dari teman satu taxi dengan kami dari Batusangkar menuju Padang (minggu lalu0. Ia mengatakan bahwa ia mengikuti program guru magang (shadowing teacher) di Perth- Australia Barat- ia tinggal pada lodge.

Menurut pengertianku bahwa lodge adalah semacam rumah kost yang harga sewanya lebih murah. Karena sewanya murah maka fasilitas kebutuhan juga terbatas, tidak seperti tinggal di apartemen. Tinggal di lodge ya ibarat tinggal di rumah sederhana, bisa masak sendiri dan hidup lebih bisa berhemat.

Marjohan M.Pd, guru SMAN 3 Batusangkar , peraih Guru SMA Berprestasi 1 Tingkat Nasional, telah menerbitkan 2 buku terbaru dengan judul ” Menjadi Pemenang Dalam Kehidupan, dan Tebaran Pengalaman Dari Padang Hingga Sydney. Sebelumnya Marjohan M.Pd telah menerbitkan sekitar 10 judul buku skala nasional. Juga telah menulis lebih dari 120 judul artikel yang terbit pada koran koran nasional dan journal speleologie di Perancis. Untuk menumbuh kembangkan kualitas literasi perlu selalu action yang teragenda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.