Petang Kreatif, Jalan Lain Gairahkan Gerakan Literasi di Bonjol

oleh -95 views
Seorang anak perempuan mengikuti Lomba Mewarnai di Petang Kreatif Komunitas dan Pustaka Ladang Raso, Bonjol. (Foto: Arbi Tanjung)

TRAVESIA.CO.ID – Komunitas dan Pustaka Ladangraso, Bonjol, Kabupaten Pasaman, mulai menghelat agenda “Petang Kreatif” untuk pertama kalinya.

Petang Kreatif merupakan sebuah program yang menghadirkan lapak baca gratis, mewarnai bagi anak-anak, belajar sketsa, membuat kerajinan tangan, dan lainnya.

Program ini dilaksanakan tiap hari mulai pukul 16.00 WIB sampai adzan magrib. Tahap awal selama tahun 2020, kegiatan ini dikonsentrasikan di Nagari Limokoto, Bonjol, Pasaman. Pegiat komunitas Ladangraso akan menggelar kegiatan ini di tengah kampung di lima kejorongan. Satu hari di satu kejorongan.

“Kami hanya ingin jadikan waktu petang (sore) di Bonjol lebih menyenangkan dengan memicu (mungkin juga membantu menyalurkan) kreativitas anak dan remaja. Melalui kegitan ini, kami berikhtiar dan berharap agar pemajuan dan pengembangan Nagari Limokoto dan Kecamatan Bonjol di bidang budaya dan literasi bisa menjadi sebuah prioritas. Tentunya bertahap dari tahun ke tahun,” ujar Arbi Tanjung, Pegiat Komunitas dan Pustaka Ladangraso juga Ketua Forum Pegiat Literasi Pasaman kepada TRAVESIA.co.Id., Kamis (16/1/2020).

Orang tua ikut mendampingi anak-anak mereka di acara Petang Kreatif Komunitas dan Pustaka Ladangraso, Bonjol, Kabupaten Pasaman. (Foto: Arbi Tanjung)

Dia menjelaskan, hari pertama kegiatan di respon baik oleh masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya anak-anak yang ikut mewarnai serta jumlah pengunjung yang datang ke lokasi acara di Labuah Luruih, Jorong Batu Badinding Utara, Nagari Limokoto, Bonjol.

Pihak kenagarian dan kecamatan menyambut baik. “Bagi masyarakat kita, ini mungkin dianggap sesuatu yang ganjil dan aneh, namun sangat bernilai positif,” ungkap Yuharman, A.Md, Walinagari Limokoto.

“Kami menyambut baik program Komunitas dan Pustaka Ladangraso ini. Hal ini tentunya menempatkan kecamatan Bonjol sebagai salah satu daerah yang punya kepedulian dan gairah pengembangan literasi dan budaya. Kami dukung penuh,” ujar Afnita Ramadhana, Camat Bonjol.

Petang Kreatif akan digelar di ruang terbuka, selama Januari 2020 akan dikonsentrasikan di sebuah halaman terbuka Jalan Lintas Bukittinggi-Medan, KM 48. Sebulan ini tahap pengenalan ke masyarakat. Bulan Februari 2020 akan digilir dari satu jorong ke jorong lain.

Menurut Arbi, setiap pengunjung yang membaca buku akan diberi satu kupon bukti berkunjung dan membaca. Kupon yang sama juga akan diberikan kepada setiap anak atau remaja yang terlibat aktif mengikuti kegiatan mewarnai, buat sketsa dan kerajinan tangan.

Kupon yang bernomor seri itu akan menjadi alat tukar pengambilan hadiah “doorprize” yang akan di umumkan sekali sebulan,Sabtu kedua tiap bulannya di acara “Panggung Sastra Tuanku Imam Bonjol”. (han/travesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.